+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
perawatan-wajah-berjerawat-pria-minim-efek-samping-yang-wajib-anda-coba

Perawatan Wajah Berjerawat Pria Minim Efek Samping yang Wajib Anda Coba

Perawatan wajah berjerawat pria saat ini mulai disadari akan manfaat dan juga khasiatnya untuk menunjang penampilan, sehingga banyak pihak yang mengandrungi hal yang satu ini, dimulai dari perawatan sederhana yang dapat  dilakukan sendiri di rumah, hingga pada perawatan yang membutuhkan penanganan medis.

Seperti halnya dengan wanita, wajah pria juga membutuhkan perawatan tepat yang berfungsi untuk menghindari segala kemungkinan terjadinya masalah pada kulit wajah seperti wajah kusam, berminyak, berjerawat ataupun masalah kulit lainnya. Permasalahan tersebut sangat mungkin untuk terjadi pada pria karena kulit wajah pria cenderung lebih kasar, berminyak dan juga memiliki pori-pori yang lebih besar.

Jika tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, wajar saja jika banyak jerawat mulai bermunculan di wajah Anda, serta tidak jarang malah meninggalkan bekas yang cukup sulit untuk dihilangkan. Kalau tidak ditangani dengan tepat, masalah jerawat yang Anda alami dapat terus bermunculan serta kecil kemungkinannya untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersih seperti sedia kala.  Maka dari itu, penting untuk memerhatikan wajah Anda dengan melakukan perawatan wajah berjerawat pria yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi masalah kulit yang Anda alami.

Cara Sederhana Perawatan Wajah Berjerawat Pria yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

Walaupun sebenarnya jerawat bukanlah masalah tubuh yang berbahaya, namun hal tersebut tentu bisa memengaruhi rasa kepercayaan diri seseorang. Jika wajah tidak dirawat dengan baik dan benar, wajar saja jika jerawat banyak bermunculan dan kulit jadi terlihat kusam dan memiliki banyak noda.

Penting untuk kita selalu menjaga kebersihan diri salah satunya dengan memperhatikan penampilan fisik sebaik mungkin agar terlihat enak untuk dipandang. Hal ini penting untuk membangun citra diri yang baik serta perasaan senang dalam hati kita sendiri. Lalu, apakah ada cara  sederhana yang dapat dilakukan sendiri  sebagai bentuk perawatan wajah berjerawat pria? berikut jawabannya.

1. Membersihkan wajah dengan facial wash

Salah satu cara perawatan wajah berjerawat pria yang sederhana namun masih dilakukan dengan cara yang keliru adalah mencuci muka. Masih banyak pria yang tidak tahu bahwa terbiasa mencuci muka hanya dengan air saja atau bahkan menggunakan sabun mandi justru malah akan menyebabkan terjadinya jerawat.

Membersihkan wajah secara tepat berguna untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah yang bisa menimbulkan jerawat, asal dilakukan dengan menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan mencuci wajah menggunakan facial wash yang berbentuk foam yang dikenal cocok untuk kulit sensitive dan berjerawat.

Bagi pria, saat ini sudah terdapat banyak produk yang memang secara khusus untuk merawat kulit wajah pria yang berminyak dan berjerawat. Umumnya mencuci muka dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan terlalu sering melakukannya karena justru akan membuat produksi minyak pada kulit wajah semakin meningkat yang dapat memicu terjadinya jerawat baru.

2. Menggunakan toner wajah

Setelah mencuci wajah dengan sabun yang tepat, Anda juga disarankan menggunakan toner wajah, guna mendapatkan wajah yang bersih secara maksimal. Selain dapat membersihkan wajah, toner juga dapat membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. penggunaan toner sangat disarankan sebagai salah satu perawatan wajah berjerawat pria.

3. Menggunakan pelembab dan tabir surya

Menggunakan pelembap akan membuat kulit Anda menjadi lebih terhidrasi dan terlindungi. Sayangnya, pakai pelembap saja tidak cukup. Anda tetap harus mengaplikasikan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari secara langsung yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit wajah. Apalagi biasanya saat berjerawat, wajah Anda menjadi lebih sensitif dan butuh perlindungan ekstra. Meski begitu, pilihlah tabir surya yang tidak lengket dan mudah diserap kulit. Anda dapat memilih produk yang bertekstur gel agar lebih ringan di kulit Anda yang cenderung berminyak.

4. Mengaplikasikan serum khusus wajah Berminyak dan berjerawat

Masih dalam tahap skin care perawatan wajah berjerawat pria, Anda juga disarankan untuk memakai serum terutama yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat dan bekas yang ditinggalkan. Anda disarankan memakai serum yang mengandung retinol setelah memakai pelembap di malam hari. Produk yang berasal dari vitamin A ini dapat menyembuhkan jerawat, menghilangkan bekasnya, serta menyamarkan tanda-tanda penuaan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemakaian retinol dalam jangka panjang dapat membuat kulit menjadi terkikis.

5. Melakukan exfoliating kulit wajah dengan scrub

Tidak hanya wanita, pria juga perlu untuk melakukan exfoliating kulit wajah guna mendapatkan kulit yang sehat, bersih dan mulus. Manfaat scrub adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran-kotoran pada wajah, sehingga wajah menjadi halus mulus dan terbebas dari jerawat. Selain itu, melakukan exfoliating menggunakan scrub wajah juga dapat membantu memperlambat kerutan pada kulit wajah bagian bawah mata. Lakukanlan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu, dan rasakan perbedaanya.

6. Mencukur Rambut di Area Wajah Secara Rutin

Rambut wajah yang tak dirawat bisa memicu iritasi bahkan jerawat, terlebih jika Anda malas untuk mencuci dan mencukurnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari proses perawatan wajah berjerawat pria, cukurlah rambut pada bagian wajah Anda seperti kumis dan jenggot secara rutin dan benar. Selain itu, penting bagi Anda untuk memilih produk after shave yang tidak mengandung alkohol agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

7. Menjaga Pola Tidur

Selain mendapatkan perawatan dari luar tubuh, penting untuk Anda juga memperhatikan kesehatan kulit Anda dari dalam. Salah satunya adalah dengan menjaga pola tidur Anda dengan baik dan sesuai. Hal ini dikarenakan, pola tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan memicu tumbuhya jerawat. Jadi, jagalah pola tidur Anda, sebisa mungkin pastikan anda tidak tidur larut malam atau bergadang. Jam tidur terbaik yang disarankan yaitu mulai dari jam 10.00 malam sampai jam 05.00 pagi. Tidurlah dengan waktu yang cukup minimal 7 hingga 8 Jam dalam sehari.

8. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Selain menjaga pola tidur, cara perawatan wajah berjerawat pria yang selanjutnya adalah dnegan menjaga pola makan dan minum. Makanan dan minuman juga ikut memengaruhi munculnya jerawat. Anda disarankan untuk mengatasi atau bahkan menghindari makanan yang mengandung minyak, pedas dan juga berlemak, karena ketiga makanan tersebut diyakini bisa memicu timbulnya jerawat.

Sebaiknya, Anda mulai untuk mengonsumsi makanan yang sehat dapat membuat kulit dan tubuh menjadi sehat, seperti buah, sayur. Untuk minuman, hindari minuman seperti soda, alkohol atau minuman berwaran lainnya, dan biasakan untuk memperbanyak minum air putih.

Tindakan Medis Sebagai Plihan Perawatan Wajah Berjerawat Pria Minim Efek Samping

Selain dengan mengandalkan cara alami sebagai cara perawatan wajah berjerawat pria, ada banyak pilihan perawatan medis yang diperuntukan untuk kulit berjerawat. Banyak di antaranya sangat efektif dan sudah lebih modern sehingga meminimalisir terjadinya efek samping pada kulit Anda. Perawatan medis tersebut pun, umumnya langsung ditangani oleh ahli yang merupakan dokter spesialis kulit.

Dengan menemui dokter spesialis kulit, Anda para pria dapat berkonsultasi dengan dokter terkait menggunakan obat atau krim obat tepat untuk mengatasi jerawat, terutama jika pengobatan rumahan atau secara alami belum juga membuahkan hasil yang maksimal. Anda mungkin butuh untuk datang ke fasilitas kesehatan kulit seperti klinik, untuk berbicara dengan dokter spesialis jika anda merasakan hal-hal ini pada masalah kulit berjerawat anda, seperti jerawat yang sangat menyakitkan, sering terinfeksi, jerawat yang terasa jauh di bawah kulit, kulit yang tidak menanggapi perawatan di rumah, jerawat menutupi sebagian besar kulit, serta masalah kulit yang menyebabkan tekanan emosional.

Semua pria dapat memilih dari berbagai macam pengobatan rumahan untuk mengobati jerawat mereka. Namun, tidak semua solusi akan bekerja untuk semua orang atau dalam setiap kasus. Orang mungkin perlu menggunakan coba-coba untuk mengetahui metode mana yang cocok untuk mereka. Namun kebanyakan obat alami untuk jerawat tidak terbukti secara ilmiah berhasil, tetapi beberapa orang mungkin menganggapnya bermanfaat.

Perawatan Medis Yang Direkomendasikan Untuk Masalah Kulit Wajah Berjerawat Pada Pria