+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
penyebab-uban-muncul-sebelum-waktunya

Penyebab Uban Muncul Sebelum Waktunya

Artikel ini dibuat tanggal 10/04/2020. 14:22

Penyebab Uban Muncul Sebelum Waktunya

Ketika anda melirik ke cermin dan melihatnya, rambut putih pertama anda. Anda masih muda, jadi mengapa rambut anda berubah menjadi putih?

Kami mengaitkan rambut abu-abu dengan penuaan, jadi helai uban anda tak dapat di elakan lagi menimbulkan pertanyaan yang tidak nyaman: Jika rambut anda menua, apakah seluruh tubuh anda mengikutinya? Apakah anda terlalu cepat menua, dan jika demikian, apa artinya itu bagi kesehatan anda?

Pertama, memang benar bahwa rambut yang mulai memutih disebabkan oleh penuaan, tetapi juga karena melanosit di dalam bulb rambut anda yang bermasalah. Ini adalah sel-sel yang sama yang menghasilkan pigmen di kulit anda.

Mereka secara bertahap berhenti memproduksi pigmen melanin. Hasilnya awalnya rambut mulai memutih dan kemudian memutih dari waktu ke waktu. Proses ini tidak mempengaruhi keratinosit, yang bertanggung jawab untuk memproduksi serat rambut, jadi tidak boleh ada perubahan pada struktur rambut anda. Namun, anda mungkin juga perhatikan perubahan tekstur rambut anda, seperti itu menjadi lebih kasar atau kurus.

Tidak semua orang mengalami perubahan warna rambut menjadi abu-abu pada saat yang sama, yang bisa sangat jelas terlihat jika anda memiliki rambut abu-abu di usia 30-an sementara teman sekolah menengah anda masih memiliki rambut hitam mengkilap.

Ada beberapa tolok ukur umum untuk rambut yang memutih.

Tetapi jika anda beruban jauh sebelum jangka waktu 30 tahun, apakah itu berarti tubuh anda terlalu cepat menua? Mungkinkah aspek kesehatan anda yang lain berada dalam bahaya?

Itu adalah pertanyaan umum, dan itu adalah pertanyaan yang ingin dijawab oleh peneliti. Dan ada beberapa bukti bahwa beruban dini dapat mengisyaratkan beberapa masalah kesehatan, terutama pada jantung anda.

Itu tidak berarti anda tidak harus memainkan permainan pencegahan jika untai rambut perak terus bermunculan.

Jika anda memiliki uban yang signifikan sebelum usia 30, itu akan menjadi ide yang baik untuk memastikan anda berbicara dengan dokter anda tentang mengoptimalkan faktor risiko lain untuk penyakit jantung, seperti diet, olahraga, berat badan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, bahkan disfungsi ereksi.

Itu berarti tidak ada salahnya untuk waspada ekstra tentang kesehatan jantung anda. Tetapi beberapa helai rambut abu-abu kemungkinan tidak berarti sebanyak bahaya bagi jantung anda seperti kebiasaan yang diketahui tidak sehat bagi jantung, seperti menambah berat badan terlalu banyak, merokok, makan jungkfood, atau tidak berolahraga. Meskipun anda tidak dapat mengontrol kapan anda akan menjadi memiliki uban, anda bertanggung jawab atas faktor-faktor lain itu, jadi jadikan mereka fokus utama anda ketika memikirkan hati anda.