+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
kebiasaan-harian-yang-dapat-merusak-rambut-pria

Kerusakan Rambut Pria Akibat Kebiasaan Harian

Kerusakan rambut pria sering kali diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya perhatian dalam merawat rambut. Umumnya masalah kerusakan rambut yang dihadapi oleh para pria yaitu berupa rambut rontok, rambut kering dan bercabang, rambut tipis, kebotakan dan masih banyak lagi.  Memiliki rambut indah dan tanpa masalah merupakan salah satu impian semua orang, tidak terkecuali para pria. Karena sejatinya rambut merupakan mahkota untuk tiap-tiap pemiliknya yang salah satunya berfungsi untuk melengkapi penampilan agar terlihat lebih sempurna.

Berbagai permasalahan rambut yang ditemui oleh para pria sering kali dianggap hanya berasal dari faktor internal saja, padahal banyak kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh pria yang akhirnya menyebabkan masalah pada rambut menjadi bermunculan.

Beberapa kebiasaan seperti tidak menyisir rambut dengan benar atau memiliki pola makan yang buruk, dapat merusak kesehatan rambut Anda. Namun, bukan hanya terbatas pada dua kegiatan itu saja, terdapat berbagai kegiatan harian lainnya menyebabkan kerusakan rambut pria. Anda mungkin telah mencoba beberapa sampo dan produk perawatan rambut untuk menjaga kesehatan rambut, tetapi ada kebiasaan tertentu yang secara tidak sadar dapat merusak kualitas dan kuantitas rambut Anda. Rambut rontok adalah konsekuensi paling umum dan nyata dari kebiasaan buruk ini.

Lalu, apa saja bentuk kegiatan harian yang dapat berpotensi menimbulkan masalah rambut rusak pada pria? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui jawaban serta solusi dari permasalahan rambut tersebut.

Kebiasaan Umum yang Menyebabkan Kerusakan Rambut Pria

1. Styling rambut yang berlebihan

Styling mungkin menjadi bagian wajib dari rutinitas harian Anda agar terlihat sempurna setiap saat. Tetapi itu adalah salah satu kebiasaan terburuk yang dapat merusak rambut. Penggunaan wax, gel rambut, spray, dan blow dryer secara berlebihan dan terus menerus, bisa membuat rambut rontok dan juga membuat rambut Anda menjadi kering dan terlihat sangat tidak sehat.

2. Pola makan yang buruk

Bukan hanya kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, tetapi rambut Anda juga membutuhkan jumlah nutrisi yang optimal. Anda harus sadar betul bahwa mengonsumsi vitamin dan mineral penting untuk menjaga rambut menjadi kuat. Asupan diet yang tepat akan membuat rambut Anda menjadi kuat, berkilau dan tebal. Vitamin E sangat bermanfaat untuk rambut Anda, tambahkan makanan seperti almond, malaka, buah-buahan dan sayuran segar yang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai kerusakan rambut pria.

3. Keramas terlalu sering

Penggunaan sampo yang berlebihan juga dapat merusak kualitas dari rambut Anda. Terlalu sering keramas bisa membuat rambut Anda menjadi kering, rapuh dan kehilangan kilaunya. Usahakan untuk tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Anda juga harus memilih produk sampo yang sesuai untuk jenis rambut Anda, karena menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kondisi rambut yang Anda miliki justru malah akan menyebabkan permasalahan rambut lainnya.

4. Menyisir rambut dengan cara yang salah

Pemilihan sisir yang tepat merupakan salah satu hal yang cukup penting. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa anda menyikat atau meyisir rambut dengan cara yang benar. Anda harus mulai dengan membagi rambut anda menjadi dua atau empat bagian. Kemudian sikat rambut Anda dari bawah ke atas dengan lembut agar mengurangi resiko rambut rontok. Tip lain yang akan membantu Anda meningkatkan kesehatan rambut adalah dengan tidak menyisir rambut saat dalam keadaan basah. Kelembaban membuat folikel rambut lemah. Jadi, jika Anda menyisir rambut saat basah, tekanan akan merusak rambut dengan mudah dan hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari kerusakan rambut pria.

5. Asupan zat besi yang buruk

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk rambut sehat. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum rontoknya rambut yang biasanya diabaikan orang. Zat besi meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki sel-sel kulit kepala. Anda dapat menambahkan sumber makanan seperti sayuran berdaun, tahu, kacang-kacangan, lentil, kacang mede atau biji-bijian utuh ke dalam makanan Anda untuk memenuhi asupan zat besi pada tubuh Anda.

6. Menggosok rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut setelah keramas menggunakan handuk adalah hal yang lebih baik untuk dilakukan dibandingkan dengan menggunakan hair dryer. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara yang benar adalah mengeringkannya dengan lembut untuk menghilangkan air yang masih ada pada rambut. Kebiasaan menggosok rambut yang masih basah dengan handuk sangat tidak disarankan. Cara mengeringkan rambut dengan cara menggosok rambut dengan handuk justru malah akan membuat rambut menjadi bermasalah.

Untuk dapat mengantisipasi permasalahan kerusakan rambut akibat kebiasaan harian yang dilakukan secara tidak disadari, penting untuk Anda juga mengetahui cara merawat rambut agar dapat menghindari masalah kerusakan rambut pria. Berikut merupakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut agar tak mudah rusak.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak

  • Perhatikan nutrisi untuk rambut

Cara merawat rambut tak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam tubuh yang berasal dari nutrisi yang dikonsumsi. Beberapa zat gizi yang perlu dipenuhi asupannya untuk mendapatkan rambut yang sehat, yaitu Protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Zat besi, Zinc, Omega 3.

  • Aplikasikan pijatan pada kepala

Sebuah studi menemukan bahwa pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut dan menguatkannya seiring waktu. Lakukan pijat ini dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Pijatan ini bisa dilakukan kapan saja. Entah saat rambut Anda kering atau saat basah sebelum menggunakan sampo.

  • Potong rambut secara rutin

Melakukan pemotongan rambut secara berkala adalah cara merawat rambut yang perlu Anda perhatikan. Waktu yang disarankan untuk memotong rambut, yakni setiap 10-12 minggu. Memotong rambut secara berkala bisa merawat rambut agar tetap sehat sekaligus mencegah muculnya rambut bercabang akibat kerusakan.

  • Hindari air yang terlalu panas atau terlalu dingin

Anda bisa menerapkan tips merawat rambut dengan membasahi rambut menggunakan air hangat (bukan panas). Kemudian, bilas dengan air sejuk (bukan dingin). Hindari membasahi rambut dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin karena justru malah dapat menimbulkan kerusakan pada rambut.

  • Batasi penggunaan bahan kimia

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut pria yaitu dengan membatasi penggunaan bahan-bahan kimia untuk rambut. Beberapa bahan kimia, seperti sulfat dan paraben, mampu mengiritasi kulit kepala dan merusak keseimbangan hormon. Jadi, lebih baik gunakan produk perawatan rambut berbahan dasar alami sesuai yang juga harus disesuaikan dengan tipe rambut Anda.

  • Hindari sinar matahari

Sinar matahari dan polusi dapat merusak dan membuat rambut kering serta bercabang atau pecah-pecah. Untuk itu, saat berada di luar, gunakanlah pelindung kepala seperti topi, supaya rambut tidak terpampang sinar matahari secara langsung.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat tentu dibutuhkan komitmen dan usaha yang maksimal. Bagi Anda para pria yang terlanjur memiliki permasalahan pada rambut Anda seperti rambut kering, kasar, hingga kebotakan, saat ini telah hadir klinik khusus pria yang tidak hanya melayani permasalahan vitalitas, namun juga dapat melayani penanganan terhadap kerusakan rambut pria salah satunya yaitu di Jakarta Men Clinic.

Jakarta Men Clinic menawarkan treatment hair care diantaranya yaitu Hair PRP, Hair Cortisore Injection, Hair Growth Factory, hingga Hair Transplant khusus bagi pria. Dengan datang ke Jakarta Men Clinic, semua permasalahan seputar kerusakan rambut pria yang Anda alami akan dapat teratasi. Segera lakukan perawatan terhadap kerusakan rambut yang Anda alami degan melakukan booking reservation untuk treatment hair care di Jakarta Men Clinic, dengan menghubungi nomor 0818-0660-0888 dan dapatkan pengalaman terbaik merawat diri Anda sebagai seorang pria.