+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
hal-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-masalah-rambut-rontok-pada-pria-

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masalah Rambut Rontok Pada Pria.

Artikel dibuat tanggal 25/03/2020, 14:53

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rambut Rontok Pada Pria.

Jika anda salah satu pria yang mulai memiliki tanda-tanda  kebotakan pada rambut saat umur anda dibawah 30 tahun, hal ini tampaknya akan membuat anda merasa tidak ada harapan untuk menghindari kebotakan. Namun, jika anda mulai merawat rambut anda sebelum kondisi penipisan rambut makin buruk, anda masih memiliki kesempatan untuk menghindari kondisi botak tersebut.

Karena jika anda sudah melihat garis rambut (hairline) yang menipis dan berusaha untuk terus-menerus mengenakan berbagai macam topi atau penutup kepala untuk menyembunyikannya, ada kemungkinan anda akan memperburuk kondisi penipisan rambut anda, karena kulit kepala anda yang tertutup akan kesulitan untuk mendapat oksigen, dan ikatan topi atau penutup kepala yang terlalu ketat akan menghalangi aliran darah ke kulit kepala anda

Dan sebelum anda pergi ke klinik rambut dan mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk membayar operasi transplantasi rambut, perhatikan beberapa daftar yang perlu kalian ketahui tentang kerontokan rambut pada pria.

Berikut Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kerontokan Rambut Pada Pria.

- Bagaimana Anda Mengetahui Bahwa Kepala Anda Akan  Mengalami Kebotakan.

Ini bukanlah pertanyaan yang konyol seperti kedengarannya. Kehilangan rambut atau kerontokan pada rambut anda tidak sama dengan kebotakan. Kebotakan pada pria biasanya adalah kondisi yang disebabkan oleh faktor genetic, dan sedangkan rambut yang mengalami kerontokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Jika anda mengalami kerontokan rambut atau kehilangan rambut di beberapa area kulit kepala secara acak yang menyebabkan terlihat seperti memiliki pitak atau bekas luka pada kulit kepala, anda mungkin mengalami kondisi alopecia areata, suatu kondisi dimana anda kehilangan sejumlah rambut pada suatu area yang biasanya membentuk pola berbentuk bulat pada kulit kepala anda. Alopecia diperkirakan terjadi jika anda memiliki faktor herediter (faktor keturunan) dan autoimun. Namun hal ini tidak sama dengan pola kebotakan pada pria.

Tetapi jika rambut anda mengalami kerontokan dengan pola yang teratur, dan biasanya dimulai dari bagian paling atas atau pusat kulit kepala, berarti anda lebih memiliki kemungkinan yang lebih besar akan mengalami kebotakan.

- Seberapa Cepat Anda Akan Kehilangan Rambut Pada Kulit Kepala Anda?

Pria akan mengalami fase kerontokan rambut mulai dari umur dua puluh tahun, tetapi biasanya untuk mencapai fase dimana mereka mengalami kebotakan, mereka membutuhkan waktu 15 sampai 25 tahun setelahnya. Namun beberapa orang akan botak dalam waktu kurang dari lima tahun jika mereka tidak segera bertindak untuk merawat kulit kepala serta rambut mereka.

- Mengapa Anda Kehilangan Rambut?Apakah Hal Ini Disebabkan oleh Faktor Genetik?

Jika anda adalah salah satu pria yang telah mengalami tanda-tanda kebotakan, anda akan kehilangan rambut anda karena tubuh anda menjadi semakin sensitif terhadap hormon seks pada pria yang disebut androgen. Dimana kulit kepala anda dipengaruhi oleh proses ini, dan jawabannya adalah ya, hal ini disebabkan oleh faktor genetik.

Tetapi anda juga dapat kehilangan rambut anda karena penyakit atau prosedur bedah atau operasi, keadaan stres, perubahan kadar hormon dan infeksi yang terjadi pada kulit kepala. Tapi dalam beberapa kasus rambut rontok yang disebabkan oleh hal diatas tidaklah permanen
- Apakah Ada Suatu Hal Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menghentikan Kerontokan Rambut Anda Secara Alami?

Setiap orang akan mengalami kerontokan rambut secara alami dan itu adalah hal yang normal bagi pria yang memiliki rambut yang semakin tipis seiring bertambahnya usia mereka. Tetapi sebenarnya pola rambut rontok pada pria adalah kondisi genetik yang tidak dapat dihentikan seluruhnya.

Ada kondisi yang disebut alopecia traksi, ini adalah kondisi kerontokan rambut yang disebabkan oleh kondisi rambut yang ditarik atau rambut yang tegang  selama jangka panjang. jika anda sering mengepang rambut atau mengikat rambut anda menggunakan ikat rambut, resiko anda mengalami alopecia traksi ini akan lebih besar. Jadi cobalah untuk tidak menarik rambut anda dengan ketat secara berlebihan.

- Bagaimana  Seharusnya Anda Memperlakukan Rambut Anda?

Kebotakan pada pria adalah proses yang alami. Pertama anda perlu bertanya pada diri anda sendiri apakah anda benar-benar ingin merawat dan mencegah kebotakan pada rambut anda atau anda lebih memilih untuk mencari cara untuk menerima keadaan rambut botak anda dari pada mencoba menyembunyikannya, atau mendapatkan kembali rambut sesuai yang anda inginkan.

- Apakah Kondisi Stres Akan Mempercepat Proses Kebotakan Pada Anda?

Kondisi stres dapat menyebabkan rambut rontok tetapi rambut yang rontok disebabkan oleh stres jarang menyebabkan kerontokan yang permanen. Apakah stres mempercepat proses kebotakan genetik belum diketahui.

Tetapi ada bentuk rambut rontok yang dapat disebabkan oleh kondisi stres parah yang disebut telogen effluvium, yang mengganggu siklus pertumbuhan folikel rambut anda menyebabkan rambut yang telah rontok tidak tumbuh kembali pada tempat sebelumnya.

- Apakah Anda Akan Mengalami Masalah Psikologis Akibat Dari Kerontokan Rambut dan Kebotakan?

Beberapa orang memiliki ketakutan akan ketika tau bahwa mereka akan mengalami kerontokan yang parah yang dapat berakhir dengan kebotakan dan hal itu dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi, tidak percaya diri, mengurangi dorongan seksual hingga depresi. Tetapi jika anda memahami penyebab dari masalah kerontokan rambut anda dan menerima keadaannya, kemungkinan besar anda akan  menaklukkan ketakutan ini.

Kebanyakan pria mengalami kehilangan kepercayaan diri mereka ketika mereka menyadari bahwa mereka memiliki kondisi kerontokan rambut, tetapi kondisi ini tidak akan terjadi jika anda memperhatikan kondisi kerontokan rambut anda. Satu-satunya cara untuk memastikan anda tidak akan menderita masalah psikologis adalah menghadapi realitas kerontokan rambut atau kebotakan anda dan menerimanya atau mencari pengobatan yang bekerja dengan cepat dan tepat untuk mengatasi kondisi ancaman kebotakan anda.