+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
cara-merawat-wajah-pria-agar-putih-dan-bersih

Cara Merawat Wajah Pria Agar Putih dan Bersih

Cara merawat wajah pria memang tak sepenuhnya sama dengan perawatan yang dilakukan untuk wajah wanita yang terbilang cukup beragam. Namun, bukan berarti wajah pria hanya memerlukan perawatan berupa cuci muka saja, justru karena tipe kulit yang cenderung lebih kasar, berminyak serta memiliki folikel rambut yang lebih banyak, wajah pria memerlukan perhatian khusus yang berbeda.

Banyak pria merasa bahwa perawatan wajah hanya wajib dilakukan oleh wanita sehingga mereka kurang memperhatikan cara merawat wajah pria dengan benar terutama untuk mereka yang memiliki tujuan memiliki tampilan wajah yang putih dan bersih. Padahal jika tidak dirawat dengan baik, kulit wajah pria dapat mengalami permasalahan wajah yang tak kalah serius. Maka dari itu penting untung mengenali jenis kulit wajah Anda beserta permasalahan yang dapat terjadi.

Sebelum mengetahui cara merawat wajah pria, berikut merupakan permasalahan umum yang biasa terjadi di wajah pria yang perlu kamu ketahui

1. Jerawat

Permasalahan jerawat pada pria dapat terjadi salah satunya karena kotoran dan minyak yang menumpuk akibat tidak dibersihkan dengan baik. Selain itu jerawat juga dapat terjadi diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat, stress, maupun karena hormon tertentu.

2. Kulit Kering

Masalah kulit kering dapat membuat kulit pria menjadi lebih sensitive hingga dapat menyebabkan pengelupasan ataupun iritasi. Penyebab kulit kering bermacam-macam, antara lain karena asap rokok, kebanyakan begadang, kekurangan cairan, dan kekurangan vitamin A, C, dan E.

3. Komedo

Umumnya permasalahan komedo yang terjadi pada wajah pria karena adanya sel-sel kulit mati yang menumpuk dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Biasanya komedo muncul pada hidung, dagu, dahi, bahkan pada dada yang jarang dibersihkan.

4. Kulit berminyak

Salah satu masalah utama yang umum dialami oleh wajah pria yaitu kulit berminyak. Pria memproduksi keringat dan minyak lebih banyak dibandingkan wanita. Tipe kulit wajah berminyak ini mudah sekali menarik debu dan kotoran yang dapat memicu masalah kulit wajah lainnya. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara merawat wajah pria yang sesuai dengan jenis kulitnya.

5. Luka cukur

Sering kali pria mengalami iritasi pada kulit wajahnya akibat dari mencukur rambut yang terdapat pada bagian wajah, seperti kumis dan jenggot. Masalah kulit ini akan menimbulkan ruam yang menjengkelkan disertai dengan lecet yang menyakitkan. Hal tersebut juga dapat diperparah jika saat mencukur menggunakan krim, gel, atau lotion cukur dengan kandungan bahan kimia dan pengharum yang membuat kulit semakin sensitif.

6. Terbakar matahari

Banyak pria yang menganggap enteng permasalahan kulit yang satu ini, padahal kulit yang memerah akibat terbakar matahari atau disebut juga sebagai sunburn, menandakan DNA pada kulit telah rusak. Selain itu, wajah yang terbakar oleh matahari juga meningkatkan risiko kanker kulit.

7. Mata panda

Terlalu sering begadang pada malam hari menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam pada bagian sekitar mata. Selain itu mata panda juga dapat terjadi disebabkan oleh faktor penuaan ataupun keturunan. Faktor-faktor tersebut membuat kulit menjadi lebih tipis dan mengurangi kadar kolagen kulit. Akibatnya, pembuluh darah di bawah mata menjadi lebih terlihat dan kulit di area tersebut tampak lebih gelap. Selain itu, faktor stres dan kurangnya makanan yang bernutrisi juga memperparah mata panda.

8. Kusam

Penyebab kulit wajah kusam antara lain jarang membersihkan wajah, tidak mau memakai masker, sering begadang, dan stress. Kulit kusam ditandai dengan hilangnya cahaya atau sinar di wajah dikarenakan oleh menumpuknya sel kulit mati pada wajah.

9. Rosacea

Rosacea adalah masalah kulit yang umum dialami oleh pria. Berdasar penelitian, Rosacea dapat muncul di dagu, pipi, dan dahi.

Cara Merawat Wajah Pria yang Dapat Dilakukan di Rumah

Jika Anda berpikir mencuci wajah dengan menggunakan sabun saja sudah cukup, Anda keliru. Ada lebih banyak kebutuhan wajah pada pria yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tampilan wajah agar terhindar dari permasalahan yang terus menerus bermunculan. Maka dari itu, sudah waktunya untuk meningkatkan kesadaran untuk melakukan perawatan kulit wajah Anda sebagai pria untuk mendapatkan penampilan yang prima. Berikut merupakan cara merawat wajah pria dengan sederhana yang dapat Anda praktekan di rumah.

  • Jangan Memakai Pisau Cukur Murahan

Pilih pisau cukur yang sesuai dengan sensitivitas kulit Anda. Pisau cukur yang murah akan meninggalkan kesan kulit yang kasar, terluka dan rambut wajah yang menajdi tidak merata, bahkan iritasi yang menyakitkan. Pilihlah kualitas pisau cukur yang tajam dan baik serta khusus untuk area wajah.

  • Mencuci Wajah

Pria sering membuat kesalahan dengan mencuci wajah mereka saat mandi dengan air yang cukup panas dan mengaplikasikan sabun dan scrub keras di wajah mereka. Hal ini membuat kulit wajah menjadi sangat kering dan terlihat lebih tua serta keriput. Gunakan sabun khusus wajah untuk mencuci wajah Anda dengan baik dan benar, hal tersebut dapat membantu membersihkan kulit anda dari kotoran dan minyak yang dapat menumpuk setelah beraktifitas seharian.

  • Menggunakan Lotion Setelah Bercukur

Setelah mencukur kumis, jenggot, atau rambut wajah lainnya, gunakan lotion yang dapat menenangkan dan merileksasi kulit secara maksimal. Hal ini juga akan membuat pori-pori mengecil kembali setelah bercukur. Pastikan Anda memilih lotion setelah bercukur yang tidak mengandung alkohol karena alkohol akan membuat wajah menjadi kering dan kusam.

  • Menggunakan Pelembab Wajah

Anda harus pastikan rambut yang terdapat pada wajah Anda tidak kasar seperti amplas. Melembabkan wajah anda setiap hari akan menghasilkan kulit yang lembut. Untuk kenyamanan dan kemudahan Anda, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

  • Menggunakan Tabir Surya

Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa mengaplikasikan tabir surya. Selalu gunakan tabir surya agar wajah terlindungi dari sinar UV yang dapat merusak wajah Anda. Dengan begini Anda dan kulit Anda akan terlihat lebih sehat.

  • Melakukan Perawatan Facial

Tidak ada yang salah dari pria yang melakukan perawatan facial. Jangan menunggu event pernikahan atau festival, untuk pergi mendapatkan wajah bagus dengan instan. Seiring dengan kondisi kulit Anda yang terlihat baik setiap saat, juga penting bagi Anda untuk merasa baik dan lebih percaya diri, pastikan untuk memilih facial yang cocok dengan kulit Anda, karena jika tidak justru malah akan memperburuk kondisi kulit wajah Anda nantinya. Pilih klinik perawatan wajah pria yang terbaik yang dapat membantu melakukan treatment facial wajah pada diri Anda sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Pada Tubuh

Setiap perawatan lotion, pencuci wajah dan tabir surya hanya dapat membantu 50% perawatan wajah Anda. Rahasia sebenarnya adalah untuk minum sebanyak 8-10 gelas air setiap hari atau setara dengan 2 Liter air. Mengurangi konsumsi caffeine dan alkohol juga dapat membantu kadar air pada tubuh menjadi lebih baik.

  • Melakukan Diet yang Tepat

Perhatikan apa yang Anda makan. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi gula dalam makanan. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Gula yang Anda makan mengarah ke peradangan yang dapat membuat anda terlihat lebih tua.

  • Tidur yang Cukup

Jadwal tidur sangat amat mempengaruhi kondisi pada kulit wajah Anda. Pola tidur yang tidak menentu dapat membuat kulit menjadi kusam dan membuat Anda lebih rentan terhadap permasalahan jerawat. Ketika begadang, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi di saat bangun yang mengakibatkan kulit menjadi kering. Tidur dengan waktu yang cukup dan konsisten dapat menjadi salah satu cara merawat wajah pria yang paling sederhana.

Pria yang rajin untuk merawat kulit tubuh dan kulit wajah mereka, memiliki pesona yang lebih dibandingkan dengan yang tidak merawatnya sama sekali. Jika anda tidak ingin memberikan kesan yang buruk saat orang lain memperhatikan wajah Anda, Anda harus memulai mengikuti cara merawat wajah pria yang telah dijelaskan diatas.

Cara Merawat Wajah Pria dengan Datang ke Klinik Khusus Pria

Jika Anda memiliki permasalahan yang cukup rumit pada kulit wajah Anda serta menginginkan wajah yang putih dan bersih, jangan ragu untuk menemui dokter khusus estetika untuk berkonsultasi sebagai salah satu opsi dari cara merawat wajah pria. Jakarta Men Clinic merupakan salah satu klinik khusus pria yang menghadirkan dokter estetika terbaik yang didukung dengan peralatan perawatan terlengkap se-Indonesia, sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman untuk berkonsultasi dan melakukan perawatan terkait permasalahan wajah Anda dengan lebih baik. Hubungi hotline kami di nomor +62 818-0660-0888 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perawatan wajah terbaik yang ada di Jakarta Men Clinic sebagai klinik khusus pria terlengkap pertama di Indonesia.