cara-mengobati-infeksi-saluran-kemih-pada-pria-sampai-tuntas

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Pada Pria Sampai Tuntas

Cara mengobati infeksi saluran kemih merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui, terutama oleh para pria dewasa. Rata-rata pria tidak sesering wanita dalam melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter, bahkan kadang menolak untuk menemui dokter walaupun mereka mengetahui ada sesuatu yang salah dengan dirinya.

Permasalahan seputar sistem saluran kemih perlu mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya. Karena jika diabaikan, permasalahan tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya dan justru memiliki kemungkinan untuk menjadi semakin parah.

Salah satu langkah tepat yang bisa dijadikan pilihan cara mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan menemui dokter spesialis urologi untuk melakukan konsultasi terkait keluhan dan juga pengobatan yang akan Anda dilakukan untuk dapat menuntaskan permasalahan saluran kemih.

Konsultasi dengan dokter spesialis urologi sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih

Sebelum Anda membaca mengenai cara mengobati infeksi saluran kemih, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang dokter spesialis urologi. Dokter spesialis urologi atau yang dikenal juga dengan sebutan urologis merupakan bidang dari profesi kedokteran yang membahas mengenai saluran kemih, termasuk penyakit yang memiliki kaitan dengan organ tersebut. Penyakit tersebut antara lain dapat berhubungan dengan organ ginjal, ureter, kelenjar adrenal hingga uretra. Pada pria, dokter spesialis urologi selain dapat mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih, juga dapat mengatasi setiap masalah pada organ reproduksi pria.

Lalu, bagaimana urologis dapat mengatasi masalah infeksi saluran kemih yang Anda alami? Jika Anda merasakan mengalami keluhan sulit dan nyeri berkemih yang diiringi dengan nyeri pada perut bagian bawah, ataupun melihat terdapat darah di urine Anda saat buang air kecil, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi.

Dengan menemui urologis Anda akan dapat berkonsultasi terkait keluhan yang Anda rasakan. Biasanya setelah melakukan tanya jawab saat berkonsultasi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik kepada Anda, khususnya di daerah organ genital dan perut bagian bawah Anda. Kemungkinan dokter juga akan melakukan pemeriksaan pendukung seperti melakukan pengecekan pada urin Anda yang berfungsi untuk mendeteksi infeksi dan juga gangguan lainnya diluar saluran kemih.

Jika dokter urologi telah mendiagnosa Anda mengalami infeksi saluran kemih, biasanya Anda akan diberikan resep obat antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi sebagai salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih. Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Selain untuk meredakan nyeri, obat ini juga dapat menurunkan demam. Untuk membantu proses penyembuhan Infeksi salruan kemih yang Anda alami.

Kondisi Medis yang Dapat Ditangani Oleh Urologis

Berikut merupakan beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih dan reproduski yang dapat diobati oleh dokter urologi, antara lain:

• Inkontinensia urine
  • Disfungsi ereksi atau kesulitan dalam mempertahankan/mencapai ereksi
  • Infertilitas atau mandul pada pria
  • Pembesaran kelenjar prostat
  • Prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat
  • Varikokel atau pembuluh vena yang membesar pada skrotum (kantung zakar)
  • Infeksi ginjal, kandung kemih atau Infeksi saluran kemih
  • Batu ginjal
  • Prolaps kandung kemih, yakni turunnya kandung kemih melalui vagina
  • Kanker pada sistem saluran kemih, seperti kanker kandung kemih, ginjal, penis, testis, dan kelenjar prostat

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

Walaupun dapat diobati secara medis dan tergolong mendapatkan hasil yang lebih cepat, bagi Anda yang menginginkan pengobatan secara alami, Anda dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini.

1. Minum Banyak Air Putih