+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
cara-menghilangkan-komedo-untuk-pria-dengan-bahan-alami

Cara Menghilangkan Komedo Untuk Pria dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan komedo untuk pria seringkali menjadi salah satu hal yang tidak kalah banyak di cari pada laman pencarian di internet. Memiliki wajah yang sehat dan bersih tentunya merupakan dambaan setiap orang, tidak terkecuali para kaum adam. Sayangnya, masalah komedo merupakan salah satu hal yang sangat sering terjadi pada semua orang dan menjadi alasan dari terganggunya penampilan. Meskipun memiliki jenis kulit yang berbeda dengan perempuan, namun permasalahan kulit wajah yang dialami oleh pria kurang lebih sama, termasuk masalah komedo.

Lalu, Apa itu Komedo?

Komedo nerupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada kulit terutama wajah, dimana pori-pori mengalami penyumbatan akibat dari sebum atau minyak alami dari kulit bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Nantinya percampuran ini akan mengeras dan membentuk penyumbat yang mengoksidasi dan berubah warna menjadi hitam (blackhead) ataupun putih kekuningan (whitehead).

Pria yang banyak beraktivitas di luar ruangan lebih memiliki kemungkinan besar untuk mengalami permasalahan komedo. Maka dari itu banyak dari mereka yang mencari cara menghilangkan komedo untuk pria, terutama menggunakan bahan-bahan alami. Untuk dapat mengatasinya sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari rajin membersihkan wajah hingga memperhatikan kandungan pada skin care atau perawatan yang digunakan pada kulit.

Faktor Munculnya Komedo:

  • Kulit yang terlalu kering.
  • Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya.
  • Perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak bertambah.
  • Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.
  • Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.

Hal Umum yang Biasa Dilakukan di Rumah Sebagai Cara Menghilangkan Komedo Untuk Pria

Ada berbagai cara menghilangkan komedo untuk pria yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan sederhana. Berikut merupakan beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah, sebagai upaya menyingkirkan komedo.

  1. Menggunakan plester khusus komedo.
  2. Menggunakan vacuum cleaner khusus komedo.
  3. Memencet komedo hingga keluar menggunakan jari atau alat khusus.
  4. Memakai masker wajah yang dipercaya dapat mengangkat komedo secara tuntas.

Cara Menghilangkan Komedo Untuk Pria Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan cara umum yang biasa banyak orang lakukan di rumah, Anda dapat pula menggunakan bahan-bahan alami untuk menyingkirkan komedo yang membandel pada wajah Anda. Berikut merupakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di rumah yang dapat Anda manfaatkan sebagai opsi cara menghilangkan komedo untuk pria.

  • Air Hangat

Menggunakan air hangat akan membantu untuk membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya saat Anda membilasnya.

  • Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk membantu menjaga kadar ph kulit, mengatur produksi minyak di kulit serta dapat digunakan untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Cairkan baking soda hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah secara merata.

  • Scrub Kopi dan Gula

Melakukan pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo untuk pria. Salah satu bahan scrub alami yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan kopi dan gula. Gabungan dari kedua bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai untuk mengangkat kulit mati pada wajah sehingga membuat wajah menjadi halus, mulus, bersih dan bebas dari komedo. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna. Namun perlu diperhatikan, hancurkan bubuk kopi dan gula sehalus mungkin agar tidak terlalu kasar dan melukai wajah Anda.

  • Lemon

Lemon juga dapat dimanfatatkan menjadi salah satu bahan alami untuk menyingkirkan komedo. Lemon mengandung banyak vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan air lemon sebagai masker alami, dengan mengoleskannya pada area wajah yang berkomedo lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas.

  • Putih Telur

Putih telur dipercaya khasiatnya mampu untuk mengenyalkan wajah juga sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan tidak akan menyebabkan timbulnya komedo karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien. Cara memanfaatkannya adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon sebagai tambahan untuk menghilangkan bau amis pada telur.

  • Kulit Jeruk

Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahui bahwa bila dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Kulit jeruk yang telah dikeringkan dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo untuk pria dengan bahan yang berasal dari alam. Kulit jeruk yang telah dijadikan masker dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah Anda. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

  • Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan membantu untuk menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta bisa membersihkan komedo. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Selain itu pepaya juga bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

  • Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah sehingga komedo tidak bisa muncul. Tomat pun juga bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan komedo untuk pria, yaitu dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selam 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Tomat juga dapat digunakan menjadi tabir surya alami yang berfungsi untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan semua cara sederhana yang telah diterangkan di atas, Anda tidak perlu khawatir karena masih terdapat satu cara lagi yang dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengatasi masalah pada wajah Anda seperti komedo bahkan hingga tuntas, yaitu dengan mengunjungi klinik khusus yang dapat melakukan perawatan wajah.

Klinik Perawatan Wajah Pria Untuk Mengatasi Komedo