+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
bagaimana-cara-mencegah-atau-menghindari-kulit-anda-dari-masalah-jerawat-

Bagaimana Cara Mencegah Atau Menghindari Kulit Anda Dari Masalah Jerawat.

Artikel ini dibuat tanggal 01/04/2020. 16.48

Cara Mencegah Kulit Anda Dari Masalah Jerawat.

Jerawat adalah kondisi kelainan kulit umum yang dapat mengakibatkan beberapa jenis noda pada wajah. Beberapanya termasuk jerawat, komedo putih, dan komedo hitam. Ada banyak cara untuk mencegah jerawat.

Dermatologists telah mengidentifikasi empat faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat:

- Kulit yang memproduksi terlalu banyak minyak, yang menyumbat pori

- Sel kulit mati yang mengendap, yang memiliki efek yang sama

-Kehadiran bakteri yang disebut Propionibacterium acnes (P. acnes) dalam pori
peradangan pada kulit, yang juga menyebabkan kemerahan

- Wajah yang bermasalah atau iritasi karena pemakaian produk wajah yang tidak cocok.

Seorang dokter estetika dapat membantu untuk mengidentifikasi faktor atau kombinasi faktor yang menyebabkan jerawat pada diri anda. Namun, ada beberapa metode pengobatan dan pencegahan yang serupa, terlepas dari penyebabnya.

Tips berikut dapat membantu untuk melindungi anda dari masalah jerawat dan mengurangi jumlah jerawat anda.

1. Mencuci wajah 2 kali sehari
Jerawat hasil dari kondisi yang wajah kotor kadang bertentangan dengan kepercayaan orang saat ini. Namun, penting untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan minyak dari kulit dengan mencuci wajah secara teratur.

Banyak orang lebih memilih untuk menggunakan pembersih ringan dan air hangat. Menerapkan pelembab bebas minyak setelah mencuci wajah dapat menjaga kulit dari menjadi kondisi terlalu kering.

Tapi dengan mencuci wajah yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering, yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

2. Menahan diri dari menggosok wajah dengan keras.
Beberapa orang menggosok kulit dengan bantalan kain atau permukaan kain yang kasar. Hal ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, membuat kondisi jerawat menjadi jauh lebih buruk.

Menerapkan pembersih lembut dengan tangan yang bersih dan lembut dimaksudkan untuk digunakan pada wajah dapat membantu untuk mencegah jerawat.

3. Jaga rambut tetap bersih.
Jika minyak berlebih di rambut sudah mempengaruhi kadar minyak pada kulit wajah, dapat memperburuk jerawat. Mencuci rambut dengan teratur dapat menghentikan jerawat berkembang, terutama pada jerawat yang dekat dengan keberadaan rambut.

Juga, cobalah untuk menahan diri dari menggunakan produk seperti gel rambut atau semprot pada wajah. Hal ini juga dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

4. Menahan diri untuk memecahkan atau memegang jerawat.
Anda mungkin tergoda untuk memencet jerawat, tapi hal ini akan menghasilkan peradangan dan jaringan parut yang buruk yang lebih sulit diatasi dari pada jerawat itu sendiri.

Untuk mengurangi munculnya noda bekas jerawat, cobalah gunakan pengobatan topikal sebagai gantinya. Hal tersebut mungkin memerlukan beberapa waktu untuk bekerja, tetapi mereka juga dapat mencegah jerawat baru dari pembentukan.

5. Terapkan perawatan wajah pada iklim topikal.
Perawatan topikal, seperti krim atau serum khusus dapat mengurangi jerawat, terutama ketika mereka cenderung terjadi di daerah tertentu.

Perawatan yang tersedia untuk pembelian online sering mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Produk ini tidak begitu ampuh sebagai resep perawatan, namun mereka dapat membantu untuk mencegah jerawat ringan dan mengurangi jerawat.

6. Pertimbangkan retinoid topikal.
Retinoid topikal adalah produk yang mengandung obat yang berasal dari vitamin A, dan banyak dari dokter yang meresepkan mereka untuk membantu mengurangi dan mencegah jerawat. Perawatan ini juga dapat menyingkirkan kelebihan sel kulit mati dan mengurangi peradangan.

Retinoid paling topikal hanya tersedia dengan resep, termasuk Tretinoin (Retin-A, Renova), dan tazarotene (Tazorac).

7. Bicaralah dengan dokter estetika mengenai antibiotik.
Antibiotik topikal dapat melawan pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab jerawat di kulit. Contoh antibiotik yang mengobati ini Jerawat inflamasi termasuk Eritromisin dan Klindamisin, yang tersedia dengan resep oleh dokter.

Seseorang dapat mengidentifikasi peradangan jerawat dari tingkat kemerahan, iritasinya.

8. Tinjau kembali pada makanan yang terkait dengan jerawat.
Beberapa makanan dapat memicu jerawat pada pasien tertentu.

Menurut American Academy of Dermatology, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko mengembangkan jerawat atau membuat jerawat lebih buruk.

Makanan yang manis dan tinggi karbohidrat ini berpotensi menyebabkan dan memperburuk kondisi jerawat. Beberapa contoh meliputi:
- Krim 
- Kue
- Pai
- Produk susu, terutama susu skim, juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan jerawat.

9. Kenakan tabir surya saat akan di luar ruangan.
Terlalu banyak sinar matahari memiliki banyak efek merusak pada kulit. Efek sunburn juga dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak pada wajah yang membuat kondisi jerawat lebih buruk.

Menggunakan tabir surya bebas minyak dengan minimal SPF 30 dapat membantu untuk mencegah sunburns yang dapat memperburuk jerawat.

10. Pertimbangkan untuk terapi cahaya dan laser.
Seorang dokter estetika dapat menyediakan terapi ini, terapi ini dikenal ampuh dalam mengatasi masalah jerawat mulai dari yang ringan hingga meradang. Perawatan ini juga berguna untuk mengurangi keberadaan bakteri penyebab jerawat pada kulit.

11. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak.
Produk perawatan kulit mengandung minyak dapat menyumbat pori. Produk ini sering dimaksudkan untuk digunakan pada kulit kering atau matang yang mungkin tidak memiliki banyak minyak alami.

Produk yang tidak mengandung minyak biasanya berlabel "non-comedogenic."

Ini mungkin ide yang baik untuk menghindari menyentuh lemak rumah tangga dan minyak goreng, yang juga dapat menyumbat pori.

12. Menahan diri dari kebiasaan menggunakan scrub.
Menggunakan scrub dapat membantu pengelupasan kulit, ini adalah proses yang bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit.

Sementara beberapa proses pengelupasan dengan scrub dapat membantu untuk dalam mencegah jerawat, namun jika terlalu sering dapat memperburuk kondisi wajah, terutama yang sedang berjerawat. Hal ini terjadi ketika seseorang menghilangkan terlalu banyak minyak alami dari kulit. Kulit dapat mengimbangi dengan memproduksi lebih banyak minyak, yang menyumbat pori dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

13. Mengurangi stres.
Stres sering menyebabkan peradangan, yang dapat membuat jerawat semakin buruk.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi stres yang dapat membantu mencegah jerawat:
- Bermeditasi
- Berolahraga
- Melakukan yoga
- Bersantai sebelum tidur dengan membaca atau mandi
- Menghabiskan waktu di alam
- Terlibat dalam hobi

14. Pastikan produk atau alat perawatan wajah bersih.
Handuk atau spons yang digunakan untuk wajah harus bersih, dengan mencuci alat perawatan wajah kita dengan teratur menggunakan sabun dan air dapat mencegah penumpukan bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat.