apa-yang-perlu-anda-ketahui-mengenai-kencing-nanah-atau-gonore

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kencing Nanah Atau Gonore

Artikel dibuat tanggal 24/03/2020, 18:00

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Soal Gonore Atau Kencing Nanah

Gonore atau yang lebih dikenal dengan kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang dapat ditularkan oleh seseorang dari jenis kontak seksual apa pun. Penyakit ini dapat di sembuhkan dengan diagnosis dini, pengobatan yang efektif. Namun, tanpa perawatan, gonore dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang yang dapat berakibat fatal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan lebih dari satu juta orang di dunia didiagnosis menderita penyakit menular seksual (PMS) setiap harinya. Penyakit menular seksual yang menyerang organ seksual itu juga meliputi gonore.

Gonore biasanya mudah diobati, tetapi dengan menunda pengobatan dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan hingga yang kondisi permanen. Misalnya, pada pria dengan gonore termasuk epididimitis, yang merupakan peradangan pada tabung yang membawa sperma. Masalah ini juga dapat menyebabkan kemandulan.

Banyak orang dengan gonore tidak sadar atau merasakan gejala apa pun padanya Hingga mereka mengalami gejala merasakan sensasi terbakar pada penis saat buang air kecil.

Gejala lainnya juga meliputi:

- Cairan putih, hijau, atau kuning yang keluar dari penis
- Rasa sakit atau bengkak di testis
- Peradangan atau pembengkakan kulup penis

Jika gonore disebabkan oleh seks oral, orang tersebut mungkin akan mengalami infeksi tenggorokan, tetapi mereka mungkin tidak melihat gejala apa pun.

Diagnosa
Seseorang dapat pergi ke dokter karena mengalami gejala atau karena mereka percaya bahwa mereka telah terpapar gonore.

Dokter akan bertanya kepada orang tersebut tentang gejala dan riwayat kesehatan mereka. Mereka juga akan melakukan tes, seperti sampel urin atau usap dari daerah yang berpotensi terkena dampak - biasanya penis, anus, atau tenggorokan.
Individu juga dapat mengirim sampel ke laboratorium, dan mereka akan menerima hasilnya secara langsung. Namun, jika hasilnya positif, orang tersebut perlu mengunjungi dokter spesialis untuk perawatan, dan dokter mungkin akan melakukan tes lain untuk mengonfirmasi hasilnya.

Penyebabkan
Bakteri N. gonorrhoeae adalah bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi penyakit gonore. Bakteri ini berkembang dan hidup di lingkungan yang hangat dan lembab. Akibatnya, infeksi dapat mempengaruhi salah satu selaput lendir, termasuk yang di daerah genital, mulut, tenggorokan, mata, dan rektum.

Seseorang mentransmisikan infeksi ke individu lain melalui kontak seksual yang melibatkan penis, vagina, anus, atau mulut.. Semua individu yang aktif secara seksual beresiko memiliki infeksi gonore.

Pada pria, infeksi gonore dapat menyebabkan epididymitis. Pria dengan epididimitis mungkin mengalami masalah kesuburan mereka. Selain itu pria yang mengidap gonore/kencing nanah yang tidak diobati dengan segera dapat menyebabkan infeksi gonokokal yang disebarluaskan, suatu kondisi yang mengancam nyawa yang dapat menyebabkan:

- Demam
- Arthritis
- Peradangan dan pembengkakan di sekitar tendon
- Dermatitis
Orang yang memiliki infeksi gonore juga memiliki risiko lebih tinggi tertular atau mentransmisikan HIV. Salah satu alasannya adalah karena infeksi ini dapat menyebabkan luka terbuka pada bagian tubuh anda, dimana jenis lain dari bakteri atau virus akan lebih mudah untuk memasuki tubuh.

Pencegahan
Cara mencegah infeksi gonore meliputi:

- Menghindari aktivitas seksual jika ada kemungkinan infeksi.
- Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
- Melakukan aktivitas seksual hanya dengan pasangan yang saling monogami dan tidak terpengaruh oleh gonore.