+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
apa-penyebab-utama-kemandulan-pada-pria-

Apa Penyebab Utama Kemandulan Pada Pria?

Artikel ini dibuat tanggal 06/04/2020

Apa Penyebab Utama Kemandulan Pada Pria?

Dalam kebanyakan kasus kemandulan manusia, masalah terkait dengan produksi atau gerakan sperma. Beberapa alasan untuk masalah produksi sperma termasuk:

- Varicocele kondisi pembuluh darah membesar di atas testis (ini adalah penyebab yang paling umum dari kemandulan pria)

- Infeksi pada testis atau prostat, yang dapat menyebabkan suhu tubuh yang meningkat.

- Obat kemoterapi digunakan untuk mengobati kanker.

- Obat-obatan tertentu dan obat-obatan tertentu.

- Kelainan genetik.

- Masalah hormon.

Pada beberapa orang, Kualitas sperma dalam testis sangat normal tetapi pada saat sperma rendah dalam jumlah, abnormal atau dalam beberapa kasus tidak keluar sama sekali. Hal ini dapat disebabkan oleh:

- Ejakulasi Retrograde, dimana sperma ber ejakulasi mundur ke dalam kandung kemih (sering disebabkan oleh operasi).

- Obstruksi pada titik antara testis dan penis.

- Masalah genetik di mana vas defer (tabung otot yang membawa sperma) hilang.

Penyakit dan kondisi lain yang dapat mempengaruhi kesuburan
Masalah sementara dengan kesuburan dapat disebabkan oleh infeksi seperti flu, dan pneumonia, karena dapat menyebabkan demam. Hal ini biasanya reversibel. Kondisi jangka panjang dikenal dapat mempengaruhi kesuburan pria antara lain:

- Diabetes, yang dapat menyebabkan masalah ereksi dan ejakulasi.

- Tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan masalah ereksi, langsung atau melalui efek samping dari obat.

- Penyakit arteri koroner: penyakit arteri koronari dan / atau obat-obatan yang mengobatinya dapat menyebabkan masalah ereksi.

- Beberapa gangguan neurologis beberapa sclerosis, stroke atau cedera tulang belakang.

- Penyakit ginjal penumpukan racun pada ginjal dapat mempengaruhi ereksi.

- Kanker bisa mengurangi dan menghentikan produksi sperma.

- Alkohol yang terlalu banyak dalam tubuh dapat mengurangi kualitas sperma.

Kapan anda harus konsultasi?
Kesuburan dipengaruhi oleh banyak faktor yang berbeda, termasuk usia wanita. Pada kebanyakan pasangan muda, kemungkinan konsepsi akan terjadi hal ini pada hubungan biasa sekitar 20 persen untuk setiap siklus menstruasi wanita. Kebanyakan pasangan akan mengandung dalam enam bulan. Jika, setelah enam bulan, anda belum "mendapatkannya", masuk akal jika anda harus mengunjungi dokter. Anda tidak perlu menunggu satu tahun untuk meminta hal ini.

Tes apa yang ada untuk melihat kemandulan pada pria?
Jika anda berpikir anda mungkin menderita masalah kesuburan, dokter anda dapat merujuk anda ke spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tes yang paling umum adalah:

- Cek Infeksi Menular Seksual (IMS) sebuah tes untuk memeriksa apakah anda telah terinfeksi dengan klamidia penyakit kelamin lainnya yang memperngaruhi.

- Sampel urin.

- Sperma dan air mani analisis sampel segar dari air mani yang dinilai untuk jumlah sperma, bentuk, gerakan dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuburan.

- Pemeriksaan fisik ini dapat mendeteksi varikokel dan mengungkapkan potensi masalah hormon.

- Evaluasi hormon.

- Testikular biopsi jika sangat sedikit atau tidak ada sperma jelas di air mani mereka, tes ini akan menunjukkan apakah sperma sedang dibuat di testis, dan jika ada, itu berarti bahwa ada kemungkinan terjadi penyumbatan di suatu tempat.

- Pengujian genetik ini mungkin dapat mendeteksi masalah kesuburan lainnya.

Apa ketidaksuburan pria bisa diobati?
Ada pilihan yang tersedia untuk mengobati beberapa jenis infertilitas laki-laki. Varicoceles bisa diperbaiki dengan operasi, meskipun beberapa studi menunjukkan ini tidak berefek kesuburan secara signifikan. Penyumbatan juga bisa di bedah. Kelainan hormon dapat juga diperbaiki.

Ada kemungkinan pilihan lain yang dapat dieksplorasi oleh pasangan yang terpengaruh oleh kemandulan pria. Salah satunya adalah membantu teknik reproduksi (seni) yang mendorong kemampuan sperma untuk membuahi telur bahkan jika seseorang memiliki jumlah sperma yang sangat rendah atau sperma yang tidak normal.

Teknik ini melibatkan proses mengambil sperma dari testis, baik berikut Ejakulasi atau dengan jarum, dan memperkenalkan kepada telur wanita melalui inseminasi intrauterin (IUI), dalam fertilisasi bayi tabung atau Intracilmic injeksi sperma (ICRAISMIC). Sekitar 40-50 persen pasangan yang menggunakan satu atau lebih teknik seni untuk beberapa bulan akan menjadi hamil.

Apa steroid dapat menyebabkan kemandulan pria?
Ada beberapa zat yang dapat mempengaruhi kesuburan pada pria, termasuk penggunaan steroid anabolik menggunakan, terapi testosteron menggantikan terapi dan obat-obatan kimia. Steroid anabolik dapat menyebabkan testis untuk mengecilk dan memperlambat produksi sperma.

Hal lain yang dapat meyebabkan masalah:

- Menggunakan ganja dan/atau kokain atau kokain dapat mengurangi jumlah sperma dan kualitas, sementara.

- Minum alkohol dikenal dengan level testosteron yang lebih rendah, penurunan produksi sperma dan sering menyebabkan disfungsi ereksi. Jika minum berlebihan menyebabkan penyakit hati, yang juga dapat menyebabkan masalah kesuburan.

- Pria yang merokok atau yang menghirup asap kedua mungkin memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada laki-laki yang tidak.

Bisakah pakaian dalam dan laptop menyebabkan infertilitas pria?
Pria umumnya disarankan untuk memakai celana pendek yang longgar bukannya Celana dalam ketat untuk meningkatkan kesuburan mereka tapi tidak ada bukti konklusif bahwa pakaian anda mempengaruhi kualitas sperma anda.

Di sisi lain, Menyeimbangkan laptop di lutut anda telah terbukti dapat meningkatkan tingkat suhu di daerah scrotal, yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan?
Jika anda khawatir tentang kesuburan anda, ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan peluangmu akan pembuahan.

- Makan makanan sehat.
- Latihan teratur.
- Menjaga berat badan yang sehat.
- Berhenti merokok.
- Minum alkohol tidak berlebihan dan dalam batas-batas yang disarankan.
- Hindari obat rekreasi.
- Cari cara untuk mengatur atau menghindari stres.