+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
apa-itu-kutil-bagaimana-cara-mendiagnosis-dan-mengobati-kutil

Apa Itu Kutil? Bagaimana Cara Mendiagnosis Dan Mengobati Kutil

Artikel ini dibuat tanggal 11/04/2020.12.51

Apa Itu Kutil? Bagaimana Cara Mengobati

Definisi dan Tinjauan
Kutil adalah pertumbuhan kulit yang muncul ketika lapisan paling atas kulit terinfeksi oleh Human Papilloma Virus, lebih dikenal sebagai HPV. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak seperti luka atau goresan. Ini menyebar melalui kontak kulit dan berbagi barang-barang pribadi seperti handuk, saputangan, dan pisau cukur, antara lain dengan individu yang memiliki kutil.

Ada banyak jenis kutil dan ini termasuk yang berikut:
- Kutil yang umum, ini adalah jenis paling umum yang biasanya tumbuh di tangan.

- Kutil filiform - Ini tumbuh di sekitar mulut, hidung, dan daerah jenggot

- Plantar warts - tumbuh di telapak kaki

- Genital warts - jenis kutil yang lebih serius yang memengaruhi bagian sensitif pada tubuh

- Periungual kutil - kutil yang tumbuh di bawah atau di daerah sekitar kuku

- Kutil rata - ini adalah kutil yang lebih kecil dan lebih rata yang tumbuh di wajah, kaki, dan lengan

Penyebab
Human Papilloma Virus adalah virus yang menyebabkan kutil tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. Banyak orang yang terinfeksi HPV yang menyebabkan kutil di area kolam renang, kamar mandi umum, dan ruang ganti. Namun, begitu terinfeksi dengan Human Papilloma virus, anda tidak akan langsung menumbuhkan kutil. Ada juga kasus di mana kutil tidak berkembang sama sekali, terutama karena orang tidak sama-sama rentan terhadap kutil. 
Kutil paling umum di antara:
- Orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh
- Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di kamar mandi umum dan - Ruang ganti
- Orang yang berbagi barang pribadi dengan orang lain
- Mereka yang mengenakan sepatu ketat yang bisa menyebabkan kaki berkeringat

Ada juga berbagai jenis HPV. Virus yang menyebabkan kutil biasa berbeda dari virus yang menyebabkan kutil plantar. Namun, ada jenis HPV yang dapat menyebabkan dua atau lebih jenis kutil, jadi jika kutil anda adalah yang umum disebabkan oleh HPV yang juga dapat menyebabkan kutil kelamin, maka anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan kutil kelamin. Namun, perhatikan bahwa kutil biasa tidak menyebabkan kutil kelamin penyebab kanker.

Cara Mengidentifikasi Kutil
Kutil tidak terbentuk di bagian luar kulit segera setelah infeksi HPV. Sebagian besar kutil tumbuh diam-diam di bawah kulit selama beberapa tahun sebelum menjadi terlihat di luar. Mereka juga datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan beberapa muncul seperti benjolan besar dan beberapa lebih rata dan kurang terlihat. Berikut adalah beberapa tanda bahwa benjolan atau pertumbuhan kulit adalah kutil:

- Kutil adalah bagian dari suplai darah sehingga pembuluh darah kecil biasanya tumbuh di inti mereka. Pada kutil yang lebih besar, ini mungkin sedikit terlihat dan mungkin tampak seperti titik-titik gelap di tengah.

- Kutil tumbuh di atas garis dan lipatan kulit tidak seperti tag kulit dan tahi lalat.

- Meskipun kutil tidak menyakitkan, ketika mereka tumbuh di bagian tubuh yang biasanya menerima tekanan, seperti telapak kaki, mereka dapat menyebabkan rasa sakit.

Siapa yang Ditemui dan Jenis Perawatan yang Tersedia
Jika anda melihat pertumbuhan kulit yang tidak normal, anda dapat memeriksanya dengan:
- Praktisi perawat
- Dokter keluarga anda
- Internis
- Dokter Spesialis 
- Dokter kulit

Kutil biasanya tidak memerlukan perawatan. Namun, jika anda ingin menyingkirkannya karena alasan apa pun, Anda memiliki beberapa opsi termasuk yang berikut:

- Asam salisilat - Obat topikal yang umum digunakan untuk mengobati kutil adalah asam salisilat. Ini tersedia secara luas di pasaran dan sering digunakan untuk mengobati masalah kulit lain seperti jerawat.

- Cryotherapy - Ini adalah prosedur di mana kutil dibekukan sebelum diangkat.

- Bedah Listrik (Electrocauter) - Ini adalah proses membakar kutil menggunakan arus listrik.

- Kuretase - Ini sering digunakan bersama dengan bedah listrik atau cryotherapy, karena kutil sering perlu dipotong setelah dibekukan atau dibakar. Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional medis.

- Operasi laser . Ini adalah operasi kecil yang menggunakan sinar laser untuk menghilangkan kutil.

Tidak ada jaminan, jika menggunakan obat-obatan saja. Dalam banyak kasus, kutil hanya mengurangi ukuran atau hilang sementara tetapi kembali atau tumbuh di bagian lain dari tubuh. Ini karena perawatan hanya menghilangkan kutil tetapi bukan virus di dalam tubuh.

Beberapa dokter merekomendasikan menunggu dengan waspada sebelum meresepkan perawatan apa pun. Menunggu dengan waspada mengacu pada periode mengamati kutil sebelum menggunakan perawatan apa pun. Dalam banyak kasus, kutil hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan atau tahun.

Tidak semua kutil memerlukan perawatan, tetapi ada saat-saat ketika perawatan medis diperlukan. Kunjungi dokter atau dokter kulit segera jika kutil anda:
- Berwarna sangat gelap
- Besar abnormal
- Tumbuh dengan cepat
- Berdarah
- Menyebabkan rasa sakit yang melumpuhkan anda dalam beberapa cara, yaitu ketika kutil plantar membuatnya sakit untuk berjalan
- Menyebar
- Bengkak
- Muncul merah atau memiliki garis merah memanjang darinya
- Merasa lembut
- Diisi dengan nanah
- Menyebabkan demam bersama dengan gejala di atas