+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
6-perawatan-alternatif-untuk-pria-dengan-kulit-berminyak-

6 Perawatan Alternatif Untuk Pria Dengan Kulit Berminyak.

Artikel ini dibuat tanggal 02/04/2020. 13:21

6 Perawatan Untuk Pria Dengan Kulit Berminyak.

Kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin atau zat berminyak yang melindungi kulit saat dehidrasi atau kering.

Sebum sangat penting untuk menjaga kulit sehat. Namun, sebum terlalu banyak dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Mengelola kulit berminyak sering membutuh perawatan rutin kulit agar tidak mengganggu penampilan.

Dalam artikel ini, kita berbicara tentang perawatan alternatif untuk membantu mengurangi kulit berminyak.

Gejala
Kulit berminyak sering mempengaruhi wajah. Gejala kulit berminyak termasuk:
- Penampilan wajah mengkilap atau berminyak
- Pori yang sangat besar atau jelas pada kulit
- Kulit yang terlihat tebal atau kasar
- Sesekali atau terus-menerus muncul jerawat
- Pori dan komedo tersumbat
Orang dengan kulit berminyak mungkin mengalami kesulitan menemukan produkn perawatan sesuai kulit mereka, sebagai produk perawatan wajah dapat mencampur dengan sebum, memberikan konsistensi yang berbeda.

Penyebab dari gejala kulit berminyak yang dialami pria bervariasi . Genetika mungkin memainkan peran dalam bagaimana kulit berminyak tercipta.

Perubahan hormon atau tingkat stres tinggi juga dapat meningkatkan produksi sebum berminyak oleh tubuh.

1. Mencuci wajah secara teratur.
Mencuci secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Metode berikut dianjurkan untuk mencuci kulit berminyak:

Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
Hindari sabun dengan wewangian, ditambahkan pelembab, atau bahan kimia keras lain, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, sehingga dapat menciptakan sebum yang lebih banyak. Hindari handuk atau kain dengan permukaan kasar, gesek dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Jika hal ini tidak efektif, beberapa obat perawatan jerawat produk dapat membantu. Produk ini mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti:
- Asam salisilat
- Asam glikolat
- Beta-hydroxy acid
- Benzoil peroksida
Asam ini mungkin menjengkelkan untuk beberapa jenis kulit. Ketika memulai produk baru, menggunakannya pada daerah kecil pada kulit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana kulit bereaksi.

Memilih pembersih wajah yang tepat mungkin akan membantu dengan baik untuk beberapa orang. Bagi banyak orang yang hanya memiliki masalah kulit berminyak dan tidak jerawat, gunakan sabun glycerin yang bebas wewangian dan air hangat saja.

2. Gunakan toner.
Pengencang astringent yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi 2014, Astringents alami, seperti Witch Hazel, dapat memiliki sifat menenangkan kulit.

Witch Hazel memiliki kandungan tannin tinggi yang membuatnya menjadi zat alami dan anti-inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan Witch Hazel sebagai satu-satunya toner.

Pada beberapa orang, zat toner alami dapat membuat pori membesar tampak lebih kecil dan menghapus sebagian kecil dari produk makeup yang dapat menyumbat pori.

Namun, produk ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang. Beberapa mungkin menemukan bahwa mereka kesemutan wajah atau gatal ketika menggunakan toner. Jika hal ini terjadi, iritasi yang dapat menyebabkan produksi sebum lebih banyak.

3.  Tepuk wajah dengan lembut dengan handuk.
Ketika pengeringan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, orang harus lembut menepuk kulit mereka hingga kering dengan handuk lembut.

Namun hal ini harus dilakukan dengan berhati-hati. Menarik turun pada kulit dengan handuk, atau menggunakan kain lap kasar, tidak disarankan, karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih sebum.

4. Gunakan kertas minyak wajah.
Banyak perusahaan membuat kertas minyak yang dirancang khusus untuk menyerap dan menarik minyak dari kulit.

Kertas minyak tidak akan menambah produksi sebum di kulit dan mereka dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari untuk membuatnya tampak kurang mengkilap.

5. Gunakan masker wajah.
Masker wajah tertentu mungkin bermanfaat untuk merawat kulit berminyak yang mengandung bahan seperti:

- Clay. 
Masker yang mengandung mineral seperti dioktahedral atau bentonit dapat menyerap minyak dan mengurangi kulit kemulusan dan sebum tingkat tanpa iritasi kulit. Gunakan hanya sesekali untuk mencegah kulit kering, dan menerapkan pelembab sesudahnya.

- Madu. 
Sebuah laporan studi 2011 bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Gunakan masker wajah madu 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak sambil menjaga tetap kulit lembut.

- Oatmeal. 
Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit, seperti yang disarankan dalam studi 2014. Oats mengandung saponin lembut, pembersihan, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang terititasi.

6. Oleskan pelembap.
Sementara banyak orang dengan masalah kulit berminyak menjauhi pelembab karena takut bahwa kulit mereka akan terlihat lebih tebal, menggunakan pelembab yang tepat dapat menguntungkan beberapa jenis kulit.

Untuk orang dengan kulit yang sangat berminyak, pelembab bebas minyak dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan terlindung, tanpa merasa berminyak.

Sebuah studi 2014 menunjukkan bahwa lidah buaya bisa menjadi pelembab yang baik untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Senyawa tertentu dalam lidah buaya dapat memiliki efek menenangkan alami pada kulit. Studi mencatat bahwa produk harus memiliki setidaknya 10 persen buaya di dalamnya untuk menjadi pelembab yang efektif.

Beberapa orang memilih untuk menggunakan gel Aloe murni untuk melembabkan, tetapi mereka perlu menyadari bahan tersembunyi, terutama didenaturasi alkohol, yang bisa kering dan mengiritasi kulit.

Pencegahan
Kulit berminyak yang terkait dengan genetika dapat sulit untuk mencegahnya. Bahkan kulit berminyak yang disebabkan oleh perubahan hormon sulit dikendalikan.

Pencegahan terbaik untuk kulit berminyak adalah pria harus berusaha untuk menemukan rutinitas perawatan kulit yang konsisten yang bekerja.

Banyak orang juga mengatakan diet mereka adalah cerminan dari kulit mereka. Ini dapat membantu untuk tetap terhidrasi, menghindari makanan berminyak dan lemak trans.