+62 818 0660 0888 Senin-Minggu: 09:00 AM - 05:00 PM
10-hal-yang-menyebabkan-pria-mengalami-kerontokan-rambut-

10 Hal Yang Menyebabkan Pria Mengalami Kerontokan Rambut.

Artikel ini dibuat tanggal 29/03/2020. 16:07

10 Hal Yang Menyebabkan Anda Mengalami Kerontokan Rambut.

Rambut rontok pada pria adalah hal alami yang mungkin anda akan alami. Pada usia 40 tahun, 85% pria akan menderita kerontokan rambut. Mulai dari rambut yang mulai menipis hingga membentuk pola kebotakan. Ada beberapa faktor-faktor yang dapat anda kendalikan, dan ada yang tidak. Hari ini, kami membahas beberapa hal dan apa yang dapat anda lakukan untuk menjaga rambut anda dari kerontokan.
1. Olahraga berlebihan
Ya, ada yang namanya berolahraga terlalu berlebihan. Agar olahraga menjadi tetap sehat, dan ideal adalah dengan membakar kalori antara 2.000 dan 3.500 setiap minggunya. Ada beberapa alasan untuk ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa membakar lebih dari 3.500 kalori akan mengurangi manfaat kesehatan dari kegiatan olahraga, seperti produksi endorphin yang berlebihan dan mengarah pada risiko cedera yang lebih tinggi.

Olahraga hanya akan menjadi sumber tekanan fisik pada tubuh. Sebuah studi tahun 2017 dari National Medical Library mengungkapkan bahwa ada kemungkinan hubungan antara olahraga berlebihan dan kerontokan rambut pada pria karena protein dan nutrisi akan di fokuskan kearah otot yang dicidera berlebihan.

Namun untungnya hal ini bersifat sementara. Jika anda berupaya untuk mengatur ulang rutinitas olahraga anda agar lebih sehat, maka rambut anda yang sebelumnya tipis karena olahraga yang berlebihan akan kembali normal.

2. Menggunakan Steroid
Lebih dari 1 juta orang dewasa secara terbuka dilaporkan menggunakan steroid. Lebih dari 500.000 pelajar dari kelas 8 hingga 10 dilaporkan melakukan hal yang sama. Kebanyakan pria tahu bahwa steroid dapat berdampak berbahaya, tetapi tahukah anda mengapa hal itu juga bisa menyebabkan kerontokan rambut pada pria?

Steroid berfungsi untuk meningkatkan produksi dihidrotestosteron (DHT) dalam tubuh, yang membantu secara dramatis mempercepat pertumbuhan pada otot.

Namun, DHT juga bertanggung jawab langsung atas kerontokan rambut. kandungannya ini dapat mengikat reseptor di folikel rambut. Ini menyebabkan folikel rambut menjadi menyusut dan mati. Hal ini bahkan akan berdampak lebih buruk untuk pria yang secara genetika rentan mengalami kebotakan.
Singkatnya, gentlemen! Jangan mengonsumsi steroid jika tidak amat diperlukan.

3. Mengenakan Topi yang Kotor.
Sebelum topi terlihat kotor, para pria biasanya tidak akan mencucinya, dan hal itu adalah sebuah kesalahan.

Seperti semua pakaian, topi juga dapat menumpuk kotoran, debu, dan bakteri melalui penggunaan jangka panjang. Hal tersebut kemudian ditransfer ke kulit kepala anda dan membuat anda rentan terhadap segala macam iritasi dan infeksi kulit kepala.

Infeksi tertentu yang anda alami karena pemakaian topi yang kotor cenderung akan menyebabkan kerontokan rambut. Jika sering mengenakan topi dikeseharian anda, usahakan untuk menjaga kebersihannya.

4. Riwayat Keluarga
Ini adalah salah satu faktor kebotakan yang diketahui oleh kebanyakan pria, tapi mari kita uraikan fakta dan mitosnya.

Hal yang pertama perlu anda ketahui, seorang ayah juga dapat berkontribusi pada penyebab kerontokan rambut anak-anak mereka. Meskipun gen kebotakan primer ada pada kromosom X yang didapat dari para ibu yang menentukan potensi seorang anak untuk mengalami kebotakan.

Namun kerontokan rambut umumnya tergantung pada kepekaan folikel rambut terhadap hormon seks androgen yang mengatur perkembangan tubuh pada pria. Tingkat androgen yang tinggi mendorong pertumbuhan rambut tubuh tapi juga sekaligus dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga kebotakan.

Semakin besar hormon androgen pada pria akan semakin besar kemungkinan anda akan mengalami kerontokan rambut yang berakhir dengan kebotakan.

5. Stres Tinggi
Ada tiga jenis rambut rontok pada pria yang terkait dengan stres:

- Kondisi Telogen Effluvium terjadi ketika stres menginduksi folikel rambut anda dalam waktu yang lumayan lama. Setelah beberapa bulan, degradasi akan terus-menerus menyebabkan rambut rontok saat mandi.

- Kondisi Trikotilomania mengacu pada perasaan yang tak terpuaskan oleh beberapa orang yang membuat mereka ingin merobek rambut dari kepala dan tubuh mereka sebagai mekanisme mengatasi stres.

- Kondisi Alopecia Areata adalah ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap tingkat stres tinggi dengan menyerang folikel rambut dan menghancurkannya.

Jadi, apa solusi untuk pria agar dapat mengurangi tingkat stres mereka?

Olahraga
Latihan rutin yang sehat menurunkan kortisol, hormon stress, dan melepaskan endorfin yang membantu membuat anda lebih bahagia dari waktu ke waktu. Endorfin juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

Hobi
Lakukan kebiasan yang anda biasa lakukan untuk menghilangkan stress, seperti kebiasaan yang anda mahir saat mengerjakan kegiatan tersebut dan merasa puas akannya.

Suplemen Alami
Lemon balm sangat dipercaya untuk mengurangi stres karena sifat mint-nya, yang terbukti dapat mengurangi kecemasan.

Asam lemak omega-3 membantu membalikkan stres. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine menemukan bahwa mahasiswa kedokteran yang mengambil suplemen ini menunjukkan penurunan 20% dalam gejala kecemasan sebelum ujian.

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang terbukti dapat mengurangi gejala stres.

Menjaga level stres tetap terkendali akan membuat anda terlihat keren!

6. Gaya Dan Perawatan Rambut Yang Salah
Gaya rambut yang menarik rambut anda ke belakang dengan erat dapat menyebabkan kondisi Traction Alopecia, sejenis masalah kerontokan rambut pada pria yang disebabkan oleh tekanan berlebihan pada folikel rambut.

Ada juga perawatan rambut yang bisa merusak kulit kepala seperti perawatan hair relaxer. Perawatan ini umum untuk pria dan wanita yang memiliki rambut tebal dan keriting. Perawatan ini bekerja dengan menembus lapisan korteks batang rambut untuk melonggarkan ikal alami. Hal ini memiliki efek samping yaitu membuat rambut rapuh dan mudah patah dalam beberapa kasus, bahkan dapat membakar kulit kepala!
Jadi gentlemen, waspadalah terhadap perawatan seperti ini!

7. Merokok secara berlebihan
Menambah daftar masalah yang sudah sangat luas terkait dengan kebiasaan merokok yang dapat membuat anda mengalami kerontokan rambut pada pria.

Partikel asap rokok menyerang papilla rambut, struktur di bagian paling bawah folikel rambut dan merusak DNA rambut secara langsung. Ini juga menyebabkan ketidakseimbangan dalam protease & antiprotease folikel, yang mengontrol bagaimana kulit bereaksi terhadap folikel rambut.

8. Makan yang Tidak Sehat
Pola makan yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah anemia kekurangan zat besi . Ini terjadi ketika anda tidak makan cukup makanan kaya zat besi seperti bayam.

Zat besi sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu pertumbuhan rambut. Secara umum, makanan apa yang bisa anda konsumsi untuk menjaga rambut anda tetap sehat?

- Telur adalah sumber protein dan biotin yang baik. Kedua nutrisi ini meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein.
- Buah beri penuh dengan Vitamin C, yang melindungi folikel rambut terhadap radikal bebas. Vitamin C membantu menyerap zat besi dari makanan yang Anda makan.
- Bayam - seperti yang disebutkan di atas - sarat dengan folat, zat besi, dan Vitamin A dan C. Semua ini menjaga rambut tetap sehat - Vitamin A membantu kulit melirik menghasilkan sebum, yang menjaga kulit kepala tetap lembab.
- Ubi jalar adalah sumber padat beta-karoten. Tubuh Anda mengubahnya menjadi Vitamin A.


9. Kondisi dan Perawatan Medis Tertentu.
- Psoriasis adalah kondisi kulit umum yang sering muncul di kulit kepala. Ini terjadi ketika sistem kekebalan yang terlalu aktif membangun sel-sel kulit tambahan, yang menghasilkan bercak-bercak kulit gatal dan kering.
- Dermatitis seboroik menciptakan sisik kulit kering yang meradang dan menyakitkan saat disentuh. Ini terjadi ketika sebum mengandung lebih banyak trigliserida dan kolesterol daripada yang normal, mengiritasi kulit kepala.
- Depresi sangat mempengaruhi kesehataan pada seluruh tubuh kita. Sayangnya, hal itu juga dapat menyebabkan lebih banyak rambut rontok pada pria melalui tekanan mental dari depresi itu sendiri.

Untungnya, rambut rontok yang dihasilkan dari kondisi ini bersifat sementara. Untuk kondisi kulit ini, khususnya, perawatan dan shampoo khusus akan membantu.

Bagaimana dengan permasalahan medis?
- Kemoterapi diketahui menyebabkan kerontokan rambut. Ini menyerang sel-sel kanker, tetapi juga sel-sel lain yang tumbuh cepat - seperti sel-sel rambut.
- Pengencer darah
- Amfetamin dalam makanan.
- Obat yang dimaksudkan untuk mencegah radang sendi.
- Perawatan tiroid.
Rambut rontok pada pria yang disebabkan oleh obat-obatan dan perawatan dikenal secara kolektif sebagai Telogen Effluvium. Ini dapat mempengaruhi seluruh kulit kepala.

10. Kebiasaan Tidur Yang Buruk
National Sleep Foundation merekomendasikan antara 7 dan 9 jam tidur untuk orang dewasa yang berusia 18 hingga 64 tahun.

Rambut sangat sensitif terhadap perubahan dalam tubuh. Jika kualitas tidur Anda berfluktuasi, itu dapat memiliki beberapa efek samping.

Karena tidur membantu regenerasi sel, gagal mencapai siklus yang sehat mengurangi pertumbuhan rambut yang sehat.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda?

Maksimalkan eksposur cahaya di siang hari. Hal ini akan membantu siklus tidur anda dengan melatih tubuh Anda untuk tetap terjaga di siang hari.
Minimalkan pencahayaan biru (layar handphone atau alat digital lainnya) di malam hari. Cahaya biru terbukti secara ilmiah mengurangi produksi melatonin, hormon yang membantu anda rileks dan tertidur.
Cobalah untuk memenuhi jam tidur anda agar dapat membantu menjaga kesehatan rambut.